PEMBENTUKAN KEPENGURUSAN KIM DI DESA KENAMAN

 

 

 

Peserta rapat pembentukan anggota KIM di Desa kenaman

Kenaman, 21 November 2020     Kelompok Informasi Mayarakat (KIM) adalah kelompokyang dibentuk oleh mayarakat, dari masyarakat,dan untuk mayarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi untuk pemberdayaan masyarakat (punya nilai tambah), singkatnya KIM adalah masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masayarakat secara swadaya.

Desa kenaman Kecamatan sekayam Kabupaten Sanggau beberapa lalu telah mengadakan musyawarah pembentukan kepengurusan KIM, kegiatan tersebut dihadiri oleh PJ. Desa Kenaman,Sekretaris Desa beserta Staf, staf IT Desa, Babinsa , RT , tokoh wanita, serta tokoh masyarakat kegiatan tersebut selain membentuk kepengurusan juga membahas kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan kelompok KIM tersebut.

Ada empat peraturan yang dapat menjadi landasan hukum bagi aktivitas KIM, yaitu PP.No 38 Tahun 2007,Peraturan Menteri Kominfo nomor 17/P/M.KOMINFO/03/2009, Peraturan Menteri Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 dan Peraturan Mneteri Kominfo No. 22/PER/M.KMINFO/6/2010 dalam keempat peraturan peraturan diatas terdapat amanat dan pembagian tugas untuk memberdayakan lembaga komunikasi sosial Khusus KIM sebagai wahana desiminasi informasi dan pemberdayaan maysarakat.

Semoga dengan dibentuknya KIM tersebut dapat lebih mempermudah penyebaran informasi baik itu informasi dari Pemerintah ke masyarakat maupun dari masyarakat ke pemerintah dan yang paling penting KIM tersebut mampu menangkal berita-berita hoax dimasyarakat.

Jurnalis Desa Kenaman @M. Risky Parasetio

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan