PEMBENTUKAN KEPENGURUSAN BUMDES DESA KENAMAN MASA BAKTI 2021-2026

Para peserta rapat pembentukan kepengurusan BUMDES Desa Kenaman

Kenaman, 20 Oktober 2020          Dalam upaya Pemerintah untuk mendongkrak pendapatan asli desa yang selama ini hanya mengandalkan Anggaran Alokasi Dana Desa dan  Dana Desa yang bersumber dari pusat sedangkan di desa sendiri sangat banyak sekali potensi yang bisa dikelola desa untuk mendapatkan pendapatan asli desa sehingga pemerintah memberi solusi kepada pemerintah desa untuk membuka unit-unit usaha seperti Badan Usaha Milik Desa atau yang kita kenal dengan nama BUMDES.

BUMDES merupakan usha desa yang dikelola leh Pemerintah Desa dan berbadan hukum, Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan peraturan Desa serta kepengurusannya terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Desa Kenaman Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat pada hari Senin, 19/10/2020 telah mengadakan kegiatan pembentukan kepengurusan BUMDES setelah melalui tahap pembukaan kepada masyarakat yang mau menjadi pengurus BUMDES, kegiatan tersebut dihadiri oleh staf BPMDes Kabupaten Sanggau, PJ. Kades Desa Kenaman, Pendamping Desa, BABINSA,BABINKANTIBMAS,Kadus,RT serta para calon pengurus BUMDES yang lolos seleksi.

PJ. Kades Desa Kenaman sedang memberi pengarahan kepada para calon pengurus BUMDES Desa Kenaman

Kegiatan pemilihan kepengurusan BUMDES dari ketua pengurus, sekretaris, bendahara, serta anggota pengawas diadakan dengan asas demokrasi sehinga tidak menimbulkan kecurigaan satu dengan yang lainnya, dan setelah diadakan pemilihan terbentuklah kepengurusan BUMDES Desa kenaman Tahun Anggaran 2021-2026 dengan nama BUMDESnya yaitu DERUD EMPENGAN yaitu diambil dari sebuah gunung yang berdiri megah  didepan Desa Kenaman.

inilah wajah kepengurusan BUMDES Desa Kenaman masa bakti 2021-2026

Semoga dengan adanya Badan Usaha Milik Desa tersebut dapat menambah Pendapan Asli Desa atau PAD Desa Kenaman sehingga dapat membantu seperti insentip Pemerintah Desa serta dapat membantu perekonomian masyarakat setempat karena penyertaan modal BUMDES bersumber dari APBDes dan pengelolaannya diserahkan kepada pengurus BUMDES tersebut.

 

Jurnalis Desa Kenaman@M.Risky Parasetio melaporkan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*