PANEN KEDELAI DIDESA KENAMAN

FictureBapak KADIS Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Sanggau Bapak Ir. John Hendri, M.Si mengikuti panen kedelai di Desa Kenaman

Kenaman, 27 Januari 2019

Keberhasilan para petani mengolah lahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal tergantung keuletan mereka, karena kebanyakan petani hanya asal-asalan mengolah lahan mereka sehingga hasilnya pun kurang memuaskan.

Di Desa Kenaman sendiri sudah banyak para kelompok Tani yang sudah berhasil seperti contoh kelompok Tani Perbatasan yang menanam dengan sistem TURIMAN JAGOLE mereka sudah berhasil dan sudah beberapa kali panen raya hasil pertanian mereka dan pada jumat 25/1/2019 untuk yang ketiga kalinya panen raya kedelai yang dihadiri oleh Bapak Kadis Pertanian Kabupaten Sanggau Bapak Ir. John Hendri, M. Si serta para perwakilan kelompok tani

Bapak Kadis Pertanian Kabupaten sedang memberi pengarahan kepada para PPL dan Poktan

Dalam kegiatan tersebut beliau mengharapkan adanya upaya para PPL untuk memberi pemahaman kepada para petani lain untuk mencontoh kegiatan tersebut karena selain menanam kedelai juga ada tanaman sperti Jagung dan padi jadi dalam satu Hamparan petani bisa menanam berbagai macam tanaman.

Tanaman jagung diselingi kedelai

/Tanaman padi dan kedelai

Apabila kita melihat dari kegiatan kelompok Tani Perbatasan di Desa Kenaman tersebut sangatlah membawa dampak yang sangat baik sekali untuk dicontoh petani lain karena selain bisa mendapat hasil yang baik juga mengolahan tidak dengan cara membakar.

Tatap muka dengan para kelompok Tani juga dilakukan untuk mendengar keluhan-keluhan para petani di Desa Kenaman dan dalam rangkaian tatap muka tersebut para petani masih mengeluhkan tingginya harga pupuk serta meminta Pemerintah bisa memberi bantuan pupuk yang biasa digunakan para petani bukan pupuk yang tidak bisa digunakan, karena akhir-akhir ini banyak bantuan pupuk yang kurang bisa digunakan petani sedangkan bantuan tersebut merupakan dana APBN untuk keperluan petani membeli pupuk namun pupuk yang dibelikan adalah pupuk untuk praktek jadi para petani tersebut hanya untuk kelinci percobaan pupuk tersebut dan harapan kedepan Pemerintah bisa mendengar jeritan hati petani apa keperluan mereka agar bantuan tersebut tidak sia-sia.

Tatap muka Kadis Pertanian Kabupaten Sanggau dengan para kelompok Tani dan PPL

Kontributor desa kenaman M. Risky Parasetio

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan