Desa Kenaman Ada Sentra Jagung

Desa Kenaman- Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Disahangpan Hortikan) Kabupaten Sanggau, John Hendri menyatakan tengah mengupayakan dua komoditi dalam hal ketahanan pangan, diantaranya padi dan jagung.

“Sentra masing-masing komoditi itu pun sudah disiapkan, dan saat ini tengah dikerjakan. Ada dua komoditi yang kita fokuskan, pertama itu di Kenaman, dan Kecamatan Sekayam, itu yang kita jadikan sentra jagung. Dan kemarin sudah dibangun oleh Kementerian Pertanian, ” katanya, Jumat (29/9/2017).

Sedangkan untuk kecamatan yang lain untuk penyangga komoditi tersebut cukup banyak.
“Mulai dari Entikong, Kembayan, Noyan, Bonti dan Jangkang. Ini yang kita persiapkan, sehingga lumbung pangan dalam arti kata beras dan jagung kita akan terwujud,” jelasnya.

Ketua DPRD Sanggau, Jumadi menambahkan, untuk menuju ketahanan pangan, memang diperlukan lebih dari satu komoditi penunjang dibidang pertanian.

“Kalau komoditi padi sudah jelas ada, nah untuk yang lain, seperti jagung juga memang diperlukan, begitu juga sayur mayur, ” katanya.
Jumadi berharap, dengan sedang dipersiapkanya komoditi jagung oleh pemerintah, diharapkan petani juga serius untuk mengarapnya sehingga hasilnya pun sesuai dengan yang diharapkan.

“Kemudian, dari pemerintah juga perlu dilakukan pendampingan melalui penyuluh pertanian, supaya kendala yang dihadapi petani bisa segera diatasi, ” ujarnya.

sumber: tribun pontianak

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan