OMK DESA KENAMAN

Penerimaan Tamu EKM

Kenaman 09/10/2017 – Orang Muda Katolik (OMK) adalah komunitas wadah kreativitas, pengembangan, pengaderan generasi muda di lingkungan stasi atau paroki gereja Katolik Roma. OMK berada di bawah naungan Komisi Kepemudaan yang merupakan perangkat Gereja dengan tugas khusus memberi perhatian pada pembinaan dan pendampingan kaum muda. Nama OMK, sebelumnya bernama Mudika (Muda-mudi Katolik).
Sebelum dipakai istilah ini, dipergunakan nama Seksi Muda-mudi, atau Seksi Kepemudaan Paroki (SKP). Istilah Mudika muncul sekitar tahun 1974 dan pertama kali dipakai di Keuskupan Bogor untuk menamai gerakan Katolik muda yang berbasis teritori Gereja. Istilah ini menjadi umum dan dipakai di seluruh Indonesia. Sejak munculnya UU Keormasan No. 5 tahun 1985, peran Mudika menguat menggantikan peran Pemuda Katolik sebelumnya. Pada tahun 2004 Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta memunculkan istilah baru, OMK, Orang Muda Katolik. Nama ini kemudian meluas dan diteguhkan dalam Pertemuan Nasional (PERNAS) OMK 2005 menjadi pengganti Mudika. Namun sampai dengan saat ini, kedua istilah masih dipakai bergantian, sesuai dengan pilihan masing-masing komunitas Katolik muda itu sendiri. Anggota OMK adalah setiap kaum muda Katolik yang tinggal di wilayah tertentu yang berusia mulai dari 13-35 tahun.

Ekaristi Kaum Muda (EKM) yang dilaksanakan yang dilaksanakan di Gereja Khatolik Desa Kenaman pada hari sabtu 7 Oktober 2017 . Ekaristi ini terasa istimewa dan meriah, misa EKM ini dengan gaya anak muda.

Ekaristi Kaum Muda ini diikuti oleh ratusan orang muda katolik dari sekolah menengah atas (SMA) yang ada di lingkungan Kec Sekayam, diawali dengan tari pembuka dan perarakan masuk, Ekaristi terasa meriah namun tetap tertib dan hikmat.

Dalam kesempatan yang sama ketua OMK Sekayam menyampaikan bahwa kegiatan Ekaristi Kaum Muda (EKM) ini dilaksanakan setiap bulan dengan harapan OMK untuk lebih aktif terlibat dalam kegiatan gereja, serta regenerasi orang muda yang terlibat semakin terus terjaga, dengan demikian acara EKM ini tetap terlaksana setiap bulannya.

kontributor desa – Muhammad Risky Parasetio

Penerimaan Tamu EKM

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan