PELEPASAN GURU BANTU TENAGA PENGAJAR DARI PROGRAM SM-3T UNIVERSITAS MEDAN UNTUK SMP NEGERI 3 SEKAYAM

kenaman – 8/27/2017 – SM3T adalah singkatan dari Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Dari namanya aja udah kebayang kan? Sarjana bakal ngajar di daerah-daerah termarginal di Indonesia. Daerah yang bahkan listrik aja nggak ada, daerah yang semua penduduk nya buta huruf, daerah yang nggak berilmu pengetahuan, taunya perang doang angkat senjata. Di daerah-daerah seperti itulah peserta SM3T di tempatkan. Contohnya Aceh, Papua, NTT, Natuna dll.
Tagline program yang di taja DIKTI ini adalah “Maju Bersama mencerdaskan Indonesia”. Jadi Dirjen Kementrian Pendidikan bekerja sama dengan DIKTI dan 17 LPTK Se Indonesia untuk membantu daerah 3T supaya bisa maju bersama. Jangan ada lagi daerah yang tertinggal dan hidup dalam kebodohan. 17 LPTK yang di tunjuk bertugas menyeleksi sarjana-sarjana kependidikan yang baru lulus 3 tahun terakhir, utnuk dberangkatkan ke daerah 3T dan mengabdi disana selama 1 tahun.
di desa kenaman khususnya smp negeri 3 sekayam ada satu guru yang berasal dari program ini dan telah menyelesaikan tugasnya selama kurang lebih 1 tahun lama nya membantu guru – guru di smp negeri 3 sekayam dalam mapel pkn atau pendidikan kewarganegaraan syafrida ika simanjuntak namanya guru perempuan yang datang dari medan pada bulan september di kenaman dan pada bulan agustus ini dia kembali lagi ke medan karena tugasnya yang sudah selesai, dengan kembalinya guru sm3t ini di smpn 3 sekayam mengadakan perpisahan spesial untuk ibu ika karna telah memberikan ilmu bagi siswa dan siswi smp negeri 3 sekayam. banyak murid yang menangis dan terharu berpisah dengannya , banyak sekali pengalam yang di dapat dari guru sm3t ini karena cara pembelajaran yang beda dari guru yang lainnya.

pertunjukan tarian adat dayak di acara perpisahan

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan