MUSIM BAKAR SEBELUM MENANAM PADI

Kenaman 22/08/2017 – Pada saat musim menanam padi tiba, msayarakat kenaman memulai kembali akivitas sehari-hari mereka yang sebagian besar adalah petani. Sebelum menanam padi terlebih dahulu lahan yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menanam padi di tebang tebas atau di bersihkan, hal ini dilakukan untuk mempermudah pada saat lahan akan dibakar.

Sebagian besar masyarakat kenaman bercocok tanam atau berladang secara berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain, dan hal ini sudah dilakukan oleh nenek moyang dari zaman dahulu hingga terus menjadi tradisi dari generasi ke generasi, yang sampai saat ini masih tetap dilakukan oleh masyarakat Desa Kenaman.

Selain untuk mendapatkan banyak lahan atau hak atas tanah, cara ini juga dilakukan oleh masyarakat kenaman untuk memberikan kesempatan kepada tanaman atau pepohonan di hutan yang sudah di jadikan ladang dapat tumbuh kembali dan masyarakat kenaman tetap bisa hidup bersama dengan hutan tanpa harus menghabiskan dan menghancurkan hutan. Meskipun baru-baru ini ada larangan dari pemerintah untuk tidak membakar hutan dan berladang berpindah-pindah, tapi masyarakat kenaman tetap melakukan hal tersebut, mengingat beradang dan membakar hutan sudah menjadi sebuah tradisi.
Sebelum membakar ladang, terlebih dahulu pohon-pohon dan semak belukar ditebang tebas.
Dengan menggunakan peralatan seadanya, masyarakat kenaman mulai membakar ladang terlebih dahulu dilakukan persiapan memberikan jarak dari lokasi lahan yang akan di bakar dengan hutan sekitar hal ini dilakukan untuk meminimalisir api menjalar ke hutan sekitar Setelah selesai di bakar, ladang tidak boleh ditinggalkan, karena jika ditinggalkan ditakutkan akan ada api yang membesar dan menjalar ke hutan sekitar, sehingga sebelum ditinggalkan, api harus benar-benar padam.

PETANI DESA KENAMAN YANG MEMBAKAR LADANG
PROSES PEMBAKARAN LADANG YANG PERTAMA – TAMA RUMPUT HARUS DI KERINGKAN ATAU DI TEBAS

Kontributor desa : Muhammad Risky Parasetio

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan